Selasa, 15 Mei 2012

TIPS PELAKSANAAN IBADAH UMRAH

TIPS PELAKSANAAN IBADAH UMRAH AGAR BISA BERHASIL

Umrah itu ibadah
Anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk beribadah. Melihat rumah Allah dari dekat. Melihat pusat dimana ibadah anda tertuju.Kalau hanya ibadah-ibadah biasa, anda tak perlu mengeluarkan uang. Cukup datang ke masjid terdekat, anda sudah dikatakan ibadah.Maksud saya, saya melihat banyak orang yang datang untuk niat umrah, tapi ternyata di sana bagai berwisata ke rumah Allah. Foto-foto di depan ka’bah, sampai tak jarang anda menghalangi, atau berjalan di depan orang yang sedang sholat. Saya tak mengatakan tak boleh foto-foto hanya untuk kenang-kenangan, asal tak menganggu orang lain, atau tak melakukan dosa lain, maka bagi saya wajar-wajar saja.
Jika sedari awal niat ibadah Umrah, maka niatkan dalam hati dengan sungguh-sungguh. Anda sudah mengeluarkan uang puluhan juta, hanya untuk ibadah. Maka jangan sampai uang yang puluhan juta itu menguap sia-sia.

PERSIAPAN UMROH

1. Sabar
Perjalanan berhaji atau umrah selalu diwarnai ketidak sempurnaan. Baik menyangkut perilaku sesama jamaah, penyelenggara maupundi Saudinya sendiri. Ketidak sempurnaan itu akan terjadi sejakpersiapan (dari tempat anda tinggal), di airport, di pesawat, pelaksanaan ibadah hingga kembali pulang. Maka banyak bersabarlah.

2. Kenali Fardu
Banyakyang perlu dihapalkan untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Namun jangan memaksakan diri. Yang penting, kenali hal-hal yang diwajibkan.
Selebihnya Anda dapat mengikuti pembimbing.

3. Cari Informasi Cuaca
Mekah dan Madinah akan sangat dingin pada bulan-bulan sekitar November-Desember-Januari dan sangat panas sekitar bulan Juni-Juli-Agustus. Tanyakan suhu udara Saudi sebelum berangkat. Bawa jaket bila musim dingin.

4. Siapkan Obat-obatan Sendiri
Jangan bergantung pada orang lain. Bawa obat yang paling Anda perlukan. Vitamin C dosis tinggi akan bermanfaat. Demikian juga masker penutup hidung yang dapat diperoleh di apotik-apotik.

5. Siapkan “pelawan cuaca”
Bawa kipas dan semprotan air (hand sprayer). Siapkan kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik matahari. Gunakan kosmetik pelembab kulit, juga pelembab bibir, agar tidak pecah dan perih. Terus gunakan kaus kaki kecuali saat berpakaian ihram. Bawa pula tempat minum praktis. Perlu sering minum walaupun tidak merasa haus untuk menghindari dehidrasi.

6. Bawa Sedikit Pakaian
Kelembaban udara di Saudi sangat rendah. Kecuali saat berjejalan thawaf, tubuh praktis tak berkeringat. Udara juga tak banyak berdebu. Maka, pakaian
relatif awet. Jika dicuci juga cepat kering. Satu kopor kecil pakaian telah memadai.

7. “Makanlah walau gak enak”
Tubuh lelah dan udara kering sering membuat nafsu makan hilang. Jika itu terjadi, paksakan diri untuk makan secara cukup. Apapun rasanya.
Gunakan buah segar seperti semangka atau jeruk untuk “lalap”.

8. Hindari Berdebat
Godaan untuk berdebat sering muncul. Terutama menyangkut soal “mana yang lebih utama’ atau “afdhal”. Diskusilah seperlunya atau tanya pembimbing.
Selebihnya laksanakan dengan khusyuk.

9. Pelajari Jejak Ibrahim dan Muhammad
Haji dan umrah juga merupakan ibadah ziarah menelusuri jejak Rasulullah SAW dan Nabi Ibrahim AS.
Pelajari kisah mereka seputar masalah haji. Resapi makna setiap langkah beliau. Kenali tempat-tempat dulu beliau berada.

10. Belanja Seperlunya
Belanja di Saudi tentu boleh saja. Tapi ingat tujuan utama perjalanan Anda adalah ibadah dan bukan yang lain. Selain harga-harga tidak murah bila
diukur dengan kurs rupiah, juga merepotkan perjalanan.

11. Bawa Buku Agama
Manfaatkan waktu luang Anda untuk mempelajari satu buku khusus. Bisa saja itu terjemahan Al-Quran, satu buku hadis, atau kumpulan doa. Bawa salah
satu buku itu bersama “buku pintar” soal berhaji/berumrah.

12. Rileks
Cukuplah beristirahat. Jangan tegang. Kadang penyelenggara lalai melaksanakan kewajibannya. Untuk menutupinya, mereka menyeru agar “jamaah haji/umrah
selalu bersabar”. Jika itu terjadi, jangan segan mengingatkan mereka memenuhi kewajibannya. Namun lakukan itu dengan kepala dingin.

13. Kami semua di “SMBC” mendo’akan
semoga jamaah dapat menunaikan ibadah umroh nantinya dengan lancar, dan setelah pulangnya menjadi manusia yg ber-akhlak mulia, juga membawa oleh-oleh … Amiin..

0 komentar:

Posting Komentar

 

SMBC-JOMBANG Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers