Minggu, 27 Mei 2012

Makna Ikhlas Yang sebenarnya

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

Dapat dipahami dari pengertian diatas bahwa ikhlas hanya untuk Allah tanpa mengharapkan apapun dari dunia adalah amalan yang berbentuk ibadah, seperti sholat, puasa dan yang lainnya.
Adapun amalan dunia yang bukan termasuk kategori ibadah seperti bekerja untuk kebutuhan hidup, maka bukan berarti ikhlas itu tanpa mendapat imbalan atau gaji. memang diperbolehkan ketika anda menyanggupi permintaan seseorang akan suatu pekerjaan, dan anda hanya meniatkan itu untuk membantu, maka anda mendapatkan pahala. akan tetapi jika anda meminta bayaran, maka itu adalah hak anda. orang lain tidak bisa menuntut anda untuk ikhlas kemudian tidak menggaji anda, jika begitu maka itu namanya dholim.
Perkerjaan dunia dan bukan ibadah harus jelas akad/kontraknya. antara orang yang memperkerjakan dan yang dikerjakan. akad/kontrak harus jelas dan jika perlu ditulis agar tidak terjadi benturan, yang memperkerjakan mengharap keikhlasan yang dikerjakan agar tidak digaji sedangkan yang dikerjakan mengharap agar diberi gaji.
Dalam kontek pekerjaan dunia, keikhlasan muncul dari diri sendiri, dan bukan saran atau keinginan orang lain. jika orang lain meminta anda untuk mengikhlaskan perkerjaan anda, maka anda memiliki hak untuk menolak dan meminta gaji tersebut.
Sedangkan amal ibadah wajib diikhlaskan karena Allah semata tanpa mengharap apapun dari dunia. akan tetapi jika kebetulan anda mendapatkan imbalan didunia juga maka tidak mengapa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SMBC-JOMBANG Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers