Selasa, 25 September 2012

Adakah Rosulullah Merayakan Ulang Tahunnya???


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :
Umat Nabi Muhammad -sholallahu ‘alaihi wasallam-
Yang termasuk kategori umat Nabi Muhammad -sholallahu ‘alaihi wasallam- adalah orang yang mengikuti ajarannya. Beliau bersabda :
فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي
Artinya : “Dan barang siapa yang ragu-ragu (menolak) akan ajaranku maka bukan dari golonganku.”
Kata “sunnah” disini adalah makna aslinya yaitu ajaran dan bukan amalan yang jika dilakukan berpahala dan jika ditinggalkan tidak mengapa.
Jadi yang termasuk golongan Nabi Muhammad -sholallahu ‘alaihi wasallam- adalah mereka yang tidak ragu akan ajarannya dan melakukan sesuai dengan apa yang diajarkan olehnya.
Adakah Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- Merayakan Ulang Tahun?
Menurut dari hadist dan atsar yang shohih, Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya. juga setelah beliau meninggal, para sahabat tidak ada yang merayakan hari kelahirannya atau memperingati hari dimana beliau meninggal.
Disamping itu, pada ahli sejarah berbeda pendapat akan tanggal lahirnya Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam-. ada yang menyebutkan bahwa beliau lahir pada tanggal 9 rabi’ul awal, ada yang mengatakan tanggal 11, ada juga yang mengatakan tanggal 12.
Ulang Tahun Bukan Adat Masyarakat Islam.
Merayakan hari ulang tahun sebenarnya bukan termasuk adat masyarakat islam pada masa Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- dan para sahabatnya. dan orang-orang Nasrani telah melakukan perayaan lahirnya Nabi Isa -’alaihi assalam- sebelum Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- dilahirkan.
Kesimpulan : Sewajarnya untuk tidak merayakan peringatan seperti hari lahirnya beliau karena ditakutkan seperti umat Nabi Isa yang awalnya memperingati kemudian mengibadahi.
Jika hendak mengagungkan Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- maka pelajari ajarannya, amalkan sebagaimana yang beliau dan para sahabat amalkan, kemudian dakwahkanlah kepada sesama.

Sumber : http://www.smbcumrohhaji.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

 

SMBC-JOMBANG Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers